Inilah Daftar Waktu Terbaik Membeli Properti, Simak Selengkapnya Disini!

Pada dasarnya yang namanya membeli properti itu bukanlan perkara yang mudah. Entah itu pembelian secara tunai ataupun secara KPR, tetap saja semuanya membutuhkan persiapan finansial yang mendukung dan harus bisa berkomitmen dalam membayar angsurannya. Maka dari itulah, karena membeli rumah itu adalah keputusan yang besar, sebaiknya pastikan dulu kenapa Anda membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari.

Waktu Terbaik Membeli Properti

AlasanMengapa Harus Membeli Perlengkapan Rumah

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah pribadi. Salah satu alasan kenapa setiap orang membeli rumah adalah karena rumah adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari. Dengan rumah, Anda bisa berteduh dan beristirahat. Dengan rumah juga Anda bisa berlindung dari hujan, panas, dan cuaca yang ekstreem sekaligus. Maka dari itulah, membeli rumah itu hukumnya wajib sekali dan harus segera dilakukan.

Jika tidak, harganya akan selalu melonjak di setiap tahun. Sehingga, Anda akan semakin kesulitan untuk membeli properti di kemudian hari. Lalu, adakah waktu terbaik untuk membeli sebuah rumah? Salah satu waktu paling tepat membeli rumah yaitu saat harga properti sedang berada di level paling rendah atau sedang turun. Namun, untuk menentukan harga terendahnya ini tentu akan sulit untuk orang awam.

Kalaupun terjadi penurunan harga, umumnya penurunannya terjadi tidak begitu signifikan. Sehingga, hal ini sulit dideteksi. Maka dari itulah, jika Anda merasa sudah cukup mampu membeli rumah, sebaiknya segeralah beli rumah secepatnya. Pasalnya, harga properti itu bisa naik secara tajam hingga beberapa tahun yang akan datang. Namun meskipun begitu, Anda tetap harus mencermati point penting di bawah ini sebelum membeli rumah.

Waktu Terbaik untuk Membeli Properti

Ada banyak hal penting yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli sebuah rumah. Sehingga, Anda tahu kapasitas diri Anda sendiri. Meskipun Anda mengambil angsuran rumah, namun tetap saja jika dari awal kemampuan finansial Anda tidak mendukung, ini akan membuat hidup Anda semakin sulit. Maka dari itulah, perhatikan point penting dibawah ini untuk menentukan apakah Anda waktunya membeli barangtersebut atau tidak:

Pertama, waktu terbaik untuk membeli rumah adalah ketika kondisi finansial pribadi Anda sudah stabil. Artinya, Anda sudah bisa menyisihkan uang untuk membeli perelngkapanrumahitu. Selanjutnya, setelah Anda berhasil menabung dengan jumlah yang cukup, Anda bisa membelinya secara cash keras. Namun, bila dana Anda hanya cukup untuk membayar DP saja, pastikan Anda memiliki income yang cukup secara rutin.

Hal ini dibutuhkan untuk membayar tagihan angsurannya di setiap bulan tanpa mengganggu pengeluaran kebutuhan Anda sehari-hari. Beberapa pengeluaran sehari-hari yang patut diperhitungkan adalah biaya hidup untuk membeli makanan, transportasi, tagihan kartu kredit, tagihan listrik, dan masih banyak yang lain. Bila Anda punya lebih dari 1 angsuran hutang, pastikan tagihan yang dibayar tidak boleh lebih dari 30% penghasilan bulanan Anda.

Kedua, ketika suku bunga KPR sedang turun, makadariitu saatnya Anda harus segera membeli properti. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin memanfaatkan kredit dalam pembelian rumah. Karena, disaat suku bunganya sedang rendah, ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat dan ditekan di setiap bulan. Meskipun mungkin perbedaan bunganya dari sebelumnya hanya sebanyak 0 koma %. Tetap ini menguntungkan!

Karena dengan bunga yang kecil itupun sudah cukup menghemat pengeluaran Anda di setiap bulan. Mengingat angsuran yang harus dibayar berlaku dalam jangka panjang. Sehingga, selisih 0% itupun cukup membantu Anda untuk menghemat pengeluaran sampai dengan jutaan rupiah. Misalnya saja Anda ingin membeli rumah senilai 220 juta rupiah, dengan suku bunga yang turun dari 4,5% menjadi 4,2%.

Otomatis jika ini dihitung, maka sama saja Anda sudah menghemat pengeluaran sampai dengan 13 juta rupiah untuk angsuran selama 30 tahun. Tentu saja uang ini nanti bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya, bukan? Maka dari itulah, Anda harus rajin dalam mencari info keuangan dan bisnis dari media massa dan internet.

Cari tahu fluktuasi suku bunga dalam beberapa tahun terakhir agar Anda tahu level terendah dari suku bunganya. Yang satu ini harus benar-benar diingat agar Anda tahu apakah sekarang ini waktu terbaik untuk mengajukan KPR di bank atau tidak. Karena dengan melihat level suku bunga yang paling rendah di bank ini akan membantu pengeluaran Anda lebih baik.

Ketiga, saat kondisi properti pasar sedang lesu, sebaiknya segera beli rumah sekarang juga! Anda bisa melihatnya ketika memperhatikan jumlah permintaan properti mulai menurun dan banyak rumah dibangun tapi pembelinya sepi, maka kondisi ini tentunya akan mendukung sekali untuk segera membeli rumah. Karena disaat itulah Anda memiliki banyak peluang untuk memilih rumah idaman Anda dan menawar harganya yang sesuai dengan anggaran.

Hubungan Musim dengan Membeli Properti yang Harus Diketahui

Di musim panas atau musim kemarau, biasanya para pengembang akan menawarkan banyak pilihan rumah lengkap dengan promosinya dibandingkan di musim hujan. Hal ini dilakukannya demi menarik minat pembeli untuk segera membeli properti miliknya. Padahal, Anda harus tetap ingat. Bahwa, semakin banyak properti yang disediakan di musim kemarau, ini bisa membuat jumlah pembeli semakin meningkat.

Otomatis kegiatan tawar menawar menjadi lebih sulit. Karena sudah pasti harga jualnya juga menjadi lebih tinggi, mengingat jumlah peminatnya sangat banyak. Maka dari itulah, sebaiknya beli saja rumah di musim hujan. Ini adalah waktu paling tepat untuk membeli rumah karena tingkat persaingannya menurun. Meskipun hubungan antara musim dengan membeli properti ini sebenarnya tidak mutlak.