Bosan Mengontrak? Perhatikan Keuntungan Membeli Rumah Pribadi di Bawah Ini!

Ada banyak keuntungan membeli rumah yang bisa Anda dapatkan jika Anda lebih memperhatikannya. Apalagi, rumah merupakan tempat tinggal dan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Tanpa sebuah rumah, orang tidak memiliki tempat peristirahatan. Tanpa rumah juga, Anda tidak bisa berteduh ataupun berlindung dari dari cuaca yang ekstrem. Maka dari itulah, membeli rumah itu sangat penting sekali!

Bosan Mengontrak? Perhatikan Keuntungan Membeli Rumah Pribadi

Alasan Membeli Rumah Pribadi

Sekarang ini harga jual properti semakin meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatannya sendiri terbilang sangat signifikan sekali. Terlebih bila material bangunan yang digunakan juga bagus. Sayangnya, tidak semua orang punya kemampuan yang sama untuk membeli rumah. Sehingga, hal ini membuat mereka lebih memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah. Padahal, pilihan ini seharusnya lebih dipikir 2 kali.

Terlebih bila Anda memilih mengontrak dalam waktu yang lama. Karena jika dihitung-hitung, sebenarnya mengontrak rumah itu sama saja dengan membeli rumah. Uang yang Anda keluarkan untuk membayar kontrakan rumah itu sama besarnya dengan uang yang digunakan untuk membayar angsuran pembelian rumah KPR. Maka dari itulah, membeli rumah itu penting. Agar Anda bisa merasakan keuntungan membeli rumah seperti di bawah ini:

Kelebihan dalam Membeli Rumah

Pertama, keuntungan dalam membeli rumah adalah Anda tidak perlu takut lagi bila harga properti makin meningkat. Karena memang tak dapat dipungkiri bila dari tahun ke tahun itu akan membuat harga jual properti semakin meningkat. Maka dari itulah, bila sekarang ini Anda belum punya rumah, sebaiknya segera berpikirlah tentang bagaimana caranya menghasilkan uang agar bisa membeli rumah.

Karena semakin lama Anda menundanya, hal ini membuat Anda semakin kesulitan untuk membelinya karena harga jualnya makin tinggi dan sulit dijangkau. Kalaupun saat ini Anda telah terhalang oleh finansial, Anda masih bisa memilih beberapa pilihan untuk mendukung kondisi finansial Anda. Beberapa di antaranya dengan memanfaatkan pinjaman bank, KPR, koperasi, atau bahkan menggunakan kartu kredit.

Kedua, keuntungan membeli rumah yang lainnya adalah Anda akan merasa jauh lebih nyaman. Karena memang hidup di rumah sendiri itu terasa jauh lebih nyaman dari pada hidup di rumah mertua, orang tua, atau bahkan masih mengontrak. Anda bisa lebih bebas melakukan apa saja, seperti renovasi rumah, mendekorasi rumah, atau bahkan mengecat rumah.

Berbeda sekali bila Anda masih mengontrak. Anda akan selalu dibayangi oleh biaya sewa dan jangka waktu mengontrak sesuai perjanjian. Tentu saja bayang-bayang yang terus menghantui ini akan sangat menyebalkan sekali. Maka dari itulah, sebaiknya beli rumah pribadi itu lebih baik meskipun biaya di awal lebih besar. Namun setelah lunas, Anda akan merasa jauh lebih nyaman.

Ketiga, Anda juga bisa merasakan keuntungan membeli rumah, berupa bisa menjadikannya sebagai investasi yang sangat menjanjikan. Mengingat harga rumah itu semakin mahal dari waktu ke waktu. Sehingga, Anda bisa menjadikannya sebagai investasi yang cukup menjanjikan dengan cara menjualnya kembali. Sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang semakin banyak, bahkan bisa sampai berkali-kali lipat.

Ke-empat, bisa membeli rumah sendiri adalah kebanggaan tersendiri. Terlebih bila usia Anda masih mudah dan masih belum menikah. Hal ini akan membuat banyak keluarga dan tetangga akan bangga terhadap Anda. Karena, dengan mampu membeli rumah sendiri, ini bisa membuat harkat dan martabat Anda menjadi makin meningkat di depan semua orang. Sehingga, Anda tidak akan pernah diremehkan lagi.

Selain bisa mendapatkan pujian, Anda bisa menyambut tamu Anda kapanpun Anda mau. Karena itu adalah rumah Anda sendiri. Sehingga, pintu rumah bisa semakin terbuka lebar untuk siapapun yang mau berkunjung ke rumah Anda. Baik itu teman ataupun kerabat Anda. Anda tak akan merasa takut lagi saat ada keributan di dalam rumah. Karena tidak ada yang akan menghalangi Anda, kecuali tetangga.

Kelima, keuntungan membeli rumah yang terakhir ini sangat menarik sekali. Karena dengan membeli rumah sendiri, Anda bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis, seperti dikontrakkan kembali atau dijadikan sebagai kos-kosan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tabungan untuk buah hati Anda kelak. Misalnya saja, seperti untuk warisan ataupun bisa juga dengan cara dijual lagi.

Hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Rumah

Memang benar bila keuntungan dalam membeli rumah itu ada banyak. Namun, Anda tidak akan bisa merasakan keuntungannya bila Anda asal dalam membeli rumah hanya karena gengsi semata. Maka dari itulah, sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini agar Anda dapat keuntungan membeli rumah dan tidak sampai rugi. Karena banyak orang yang telah membeli rumah ternyata berakhir mengejutkan!

Jangan pernah meminjam semua pembayaran rumah dari bank. Ini akan berdampak buruk pada kondisi finansial Anda. Kecuali bila Anda punya tabungan, maka cobalah ambil sebagiannya untuk membayar DP rumah. Meskipun ada bunga rendah, tetap harus disesuaikan dengan kemampuan Anda agar Anda tidak kerepotan membayar angsurannya. Karena banyak orang membeli rumah secara kredit tanpa memperhatikannya hingga kemudian rumah harus disita.

Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya tambahannya. Karena saat membeli rumah, semuanya tidak akan selesai langsung begitu saja. Anda masih harus membayar biaya tambahan yang lainnya, seperti pajak, notaris, biaya agen, dll. Biaya tambahan ini terbilang mahal. Apalagi bila nilai propertinya mahal. Selain itu jangan lupa untuk menghitung premi asuransinya dan bunganya. Agar Anda bisa merasakan keuntungan membeli rumah.